Minggu, 24 Januari 2010

ta A?RUF

Serigala Taaruf Pra Nikah
Ya Allah.. Smoga para akhwat berHati hati saat taaruf mau dapat suami, jangan tertipu baju taqwa/koko/peci/sorban, kalau hanya bajunya saja taqwa, tapi jarang ke masjid, maka yakinlah akhwat2 akan tertipu seumur hidup karena bertolak belakang dg ini:"Apabila kamu melihat orang yang terbiasa masuk masjid maka saksikanlah bahwa dia beriman"*

Banyak Sekali Ironi Di Dunia nyata. Para Haji, Para Kyai, Para Pejabat DKM jarang ke masjid padahal mereka ada di rumah. Aktivis Pengajian. MC pengajian juga jarang ke masjid. Padahal mereka ada di rumah. Mereka di hormati masyarakat, yang masih bujang dipuja puji para akhwat.

Akhwat2 Kalau Mau Taaruf Pranikah,Sebaiknya Kirim Detektif (adik/kakak) untuk menyelidiki calon suami. apakah si dia rutin sholat jamaah di masjid atau cuma anget2 tai ayam (kalau ada moment tertentu saja yang dilihat banyak orang)

Sudah ada kejadian, akhwat yg tadinya berjilbab, tertipu saat taaruf, setelah nikah jilbabnya mengecil, akhirnya tanpa jilbab akibat disuruh ikhwan yg pandai menyamar/akting.

Lho...kok bisa begitu.Banyak Sekali serigala berbulu domba. bila kita tidak jeli membaca situasi. orang yang luarnya kita sangka alim. ternyata menurut hadits dan AlQuran tidak masuk kriteria.karena "

Hanyalah yang memakmurkan mesjid-mesjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk."**

Memang di akhir jaman ini hanya sedikit orang2 yang benar2 mau memakmurkan masjid. semoga diriku, keluargaku dan para temanku termasuk di dalam nya.

*hadits shahih HR Ahmad AtTirmidzi
** AtTaubah 18


Tips Contoh Mengahadapi Calon Mertua Extrim Matre
Tips Contoh Mengahadapi Calon Mertua Extrim Matre


Calon Mertua Extrim ada yang nanya: "Gaji Kamu berapa sebulan? Gaji segitu kamu sanggup menghidupi anak saya?" menghadapi calon mertua seperti menghadapi Firaun bagi sebagian laki2 jiper dan gemeter.


Ada jawaban yang mungkin layak dipakai

"Pak, (ini kisah nyata) waktu suaminya hidup dan bekerja di suatu instansi, hidupnya miskin, makan nasi lauknya Cuma susu kental manis, rumah lantai semen sudah gompal seperti tanah. Begitu sang suami meninggal karena sakit. Beberapa tahun kemudian Si istri yg menjadi janda malah jadi kaya. Rumahnya sekarang lantai keramik licin mengkilat

"lalu siapa yang bikin sang istri lebih kaya?,
Suaminya atau Allah SWT?"


Ayah Mens itu Apa Sih?
Anak umur 6 tahun sdh nanya begitu? bikin bingung yg jawab. "Mens itu Laki-Laki",
"Bukan itu , Bahasa inggris Yah...

"Itu.... perempuan yang sudah dewasa, setiap bulan sakit perut, keluar darah di pipisnya"

"ooo, jadi boleh ngga puasa dan sholat ya yah"

"iya..."


Bahagia nya Jatuh Cinta
Cinta Itu Membuat Ghairah, Bahagia, Semangat & Penuh Harap. Lebih lebih cinta pada Allah & RasulNYA.

"Katakanlah (Muhammad): jika kalian mencintai Allah, Maka ikutilah aku (Muhammad). Niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa2 kalian. Dan, Allah Maha Pengampun lagi Maha penyayang. (Ali Imran :31).

Barangsiapa cinta Allah tapi tidak mengikuti nabi (inkar sunnah), maka ia berdusta.

Cinta Rasul ialah bagian dari Cinta kepada Allah.

Cinta pada Allah berarti Cinta pada apa yang Allah cinta, dan
benci pada apa yang Allah benci .

Cinta pada Rosul berarti Cinta pada apa Rosul yang Cinta
dan benci pada apa yang Rosul Benci.

Rosul Mencintai SEMUA sahabatnya dan Orang beriman
Maka kita juga cinta SEMUA sahabatnya dan Orang beriman

jangan cuma mencintai hanya 1 sahabat nabi saja


Tuhan di Film Jacky Chen
Di film Jacky Chen Pernah ada adegan."what's your religion?"


lalu dijawab Jacky "money"


saya tersentak kaget, ternyata memang benar adanya orang-orang yang menyembah uang.

mungkin ini lah sedikit daftar Tuhan-tuhan yg kini ada di dunia nyata



Uang

mungkin saat ini masuk peringkat pertama, apapun tindakan manusia bila tujuannya utk mengumpulkan uangnya saja maka Uang itu sdh dijadikan tuhan


MLM , Network MArketing Sejenisnya

sebuah budang pekerjaan yang sering diagung-agungkan bisa mengantarkan anggotanya bisa kaya dengan cepat, dan bisa pensiun muda (santai-santai tanpa kerja dapat uang)

Harta Sogokan,

Banyak terjadi di kantor-kantor Negri dan Swasta. Bila tak ada gogokan berupa Harta, Tahta dan wanita maka tiada Proyek atau pekerjaan yang bisa di-gol-kan

Wanita Cantik/Pria Kaya,
Pria tergila-gila pada wanita cantik tanpa memandang apakah dia beragama Islam secara benar. rela melakukan apasaja agar mendapatkan wanita cantik dan kaya.


di Pihak wanitaWanita tergila-gila pada pria kaya, segala daya dan usaha dilakukan untuk mendapatkan suami kaya

TV or segala Tontonan,
Ada banyak keluarga yang mementingkan membeli TV dan DVD daripada membeli ALQuran atau Buku Bacaan Islam. Bahkan Fenomena baru terjadi.


Senang Menonton Musibah Banjir di atas Jembatan, dan akhirnya jembatan itu runtuh karena berat dan didorong arus


Ada JUga yang senang menonton Kebakaran, Nonton Demo, Panggung Dangdut, Konser, sehingga ada jargon "nggak nonton rugi lho"


Mobil/Kendaraan,

Rela habis-habisan jutaan membeli assesories motor atau mobil, dibanding sedeqah untuk Allah cuma uang Ribuan lecek.


Penggemar/Jamaah/pengikut,
Ini terjadi pada Artis dan Tokoh Masyarakat, rela berbuat apa saja agar menyenangkan atau mendapat ridho dari penggemarnya

Kelompok/Gank/Partai,
membanggakan kelompok sendiri, dan menyalahkan kelompok lain


Hobby yang sia sia
Senang pelihara hewan yang tiada manfaat ekonomi dan manfaat pangan nya, juga rela mengabiskan harta untuk mendapat kesenangan hewan peliharaannya


"Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat zalim itu mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allah semuanya dan bahwa Allah amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal). "


QS AlBaqarah 165.


Cobaan/Sedih Bisa Jadi Masuk Surga?
Sedih banget seolah cobaan hidup ini tidak pernah selesai.AlQuran menghibur kita lewat ayat-ayatnya. dan kita juga diingatkan +- jangan harap masuk surga kalau belum ditimpa cobaan yang berat seperti orang terdahulu sampai2 berucap kapan pertolongan Allah datang, sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat (terjemah aslinya menyusul),

Kalau sedih berprasangka baik dg ujian itu semoga menagntarkan kita ke surga, sebab para nabi/rosul juga mengalami ujian berat.

Kalau kita sedang sukses dunia, sukses dapat jabatan bertasbihlah dan istrighfarlah, karena semua kesuksessan/jabatan itu datangnya dari Allah , bukan prestasi kita.


Bacaan Rujukan
Al Baqarah 214
". Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."

An Nashr 1 - 3
001. Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.
002. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,
003. maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.


Cek Up Penyaki Hati
Hati yang sakit dan mati , tidak akan bergetar lagi, walau sudah melihat tsunami, kiamat kecil bernama mati, gempa bumi, dan arisan kecelakaan transportasi. Semua hanya jadi tontonan di Tivi


Semua bencana akibat meremhkan dosa-dosa kecil, yang makin bertumpuk tumpuk, akhirnya membuat hati makin sakit, bebal dan mati.


Inilah ciri hati yang sakit, bebal dan mati:

Hati tidak lagi merasa bahagia saat berbuat baik
Hati tidak lagi merasa gelisah saat berbuat maksiat
Hati merasa marah bila dinasehati
Hati merasa bahagia bermaksiat dan memamerkannya kepada orang banyak.

Penyebab Penyakit hati yang dianggap remeh:

Gosip
Pamer kecantikan dan kegantengan
Pamer aurat
Semua jenis riya/pamer

Ciri2 Jatuh Cinta
Selalu mengingat, Menyebut nama, ada rasa Rindu, ada rasa betah ada rasa rela berkorban


Selalu mengingat,

Menyebut nama,

ada rasa Rindu,

ada rasa betah

ada rasa rela berkorban
Agar Selamat, kita tujukan pada Allah, agar terjadi saling mencintai pada Allah SWT

Selalu mengingat (dzikr) pada Allah SWT ,

Menyebut nama Allah SWT,

ada rasa Rindu pada Allah SWT,

ada rasa betah ibadah pada Allah SWT
ada rasa rela berkorban pada Allah SWT


Ciri2 Orang2 Dicintai Allah SWT
Salah satunya ialah: Tidak takut di cela oleh orang2 yg suka mencela.
Kalau kita masih takut dicela, padahal kita berbuat baik. berarti bisa jadi kita belum mendapat satu ciri dicintai Allah

semoga kita termasuk dicintai Allah SWT, aamiin

Orang2 yg bersih,
Org2 yg berTaubat,
Lembut Pada Mukmin,
Tegas pd Org Kafir,
Berjuang/Berjihad di Jalan Allah,
Tidak takut di cela orang2 yg suka mencela

Dikasih Rejeki, Ada sebagian Manusia Yang Menolak atau mengeluh , bila disempitkan Rejeki Lebih Mengeluh dan Meminta-minta. Ironis.

Sering terjadi, ada sebagian manusia kurang Iman, ketika mendapat kesusahan, lalu saudaranya membantu memberi sedekah semampunya. Bukannya menerima dengan rasa syukur, malah menolak, dan berkata "kok cuma segini", di daerah bencana ada sumber dari berita dari TV ada korban bencana yang berkata "yah dibuatkan rumah, tapi tidak sesuai selera"?.

"Bukannya Bersyukur, dibuatkan rumah.
saya saja belum mampu beli rumah, yang bututpun belum punya, apalagi memikirkan selera" demikian kira-kira isi hati orang*orang yang tahu cara bersyukur

Nabi Rosul Kita Muhammad SAW, Pernah bersabda yag maknanya ialah : terimalah apa saja hadiah /sedekah dari orang lain untuk menghormati si pemberi hadiah/sedekah.



Ingat Mati & Hidup ini Memang Singkat
Kemarin Malam, Ketika Aku Pulang Jam 2130, Motorku Terpaksa Kukurangi Kecepatan. Karena ada Tenda dan orang ramai berkumpul di rumah tetanggaku.

Ada apa Gerangan?
Apakah ada buka Puasa Bersama? Apa Ada yang meninggal?
Aku Agak ragu untuk bertanya karena begitu ramainya, sehingga aku segera pulang ke rumah.

sampai di rumah, Ternyata Istriku tanpa ditanya, Bilang Bahwa Si F, meninggal, Tabrakan, Motornya frontal dengan Mobil.

Pria Lajang dibawah 30th. yang baru berangkat kerja setelah berbuka puasa. telah pergi dengan tiba2 di bulan ramadhan.

esok Pagi nya, Ku melawat, Ku lihat wajahnya seperti orang tidur dg tenang, dengan dagu diperban dan pipi ada bekas luka.

Ku berdoa, sambil menatap wajahnya yang sepertinya baru kemarin masih anak anak. kini baru dewasa harus pergi. aku hampir meneteskan air mata, namun ku tahan. ku berdoa.

Allahumma Firlahu warhamhu waafihi wa'fu anhu

Hidup ini memang singkat, bahkan seblumnya aku pernah berfikir atau berpuisi

"hidup ini hanya nunggu mati

hidup memang nungguin mati
nunggu jadi kaya, belum tentu jadi
nunggu jadi pejabat, belum tentu jadi
nungu mati, sudah pasti "


intinya, waktu menunggu, apakah diisi dg ilmu dan amal
atau
sekedar senang2 lalu mati?

wallahualam
semoga kalau kita mati, penuh ilmu, amal, & mati dalam keadaan khusnul khotimah
amin

2 Kisah Sulit Menjadi Orang Tua Soleh

Menjadi orang tua (Ibu/Bapak/Guru) yang sholeh. Sehingga pantas dicontoh anak anak tanpa perlu banyak bicara.

Banyak kenyataan di masyarakat, seorang anak disuruh memakai jilbab, tetapi sang ibu tidak memakainya. Seorang anak disuruh sholat oleh bapaknya, tetapi bapaknya tidak sholat. Ada bapak melarang anaknya merokok tetapi, si bapak & si guru tersebut perokok berat.


Bagaimana mungkin si anak akan mendengarkan perintah orangtua karena taat dan hormat. Apabila orang tua tersebut tidak melakukan apa yang diperintahkannya. Kalaupun ada anak yang taat,hampir bisa dipastikan hanya karena takut atau dipaksa orang tua.


Padahal, memerintah anak itu lebih mudah dengan tindakan daripada dengan kata kata. Apalagi kalau anak masih balita, mudah sekali meniru. Cobalah kita sholat di depan anak,maka anak akan OTOMATIS mengikuti kita.

menjadi Orang tua yang adil dalam BERsikap dan harta

Masih banyak orang tua yang berbuat tidak adil kepada anak anaknya. Karena menjadi orangtua itu tidak ada sekolahnya. Tidak ada Lembaga Pendidikan/Kursus Menjadi Ibu/Bapak.


Oleh karena Itu, marilah kita Rajin Mengadiri majlis Taklim menuntut Ilmu bagaimana menjadi orangtua yang adil dan benar.


Banyak orangtua yang kurang ilmu, sehingga sering salah dalam mengambil tindakan dan keputusan terhadap anak.


Kisah 1 (Beli Motor Secara Diam Diam)

Ibu Nancy (nama samaran) mungkin bisa disebut ibu yang tidak adil dan bahasa kasarnya ialah durhaka pada anak. Ibu Nancy mempunyai anak sulung yang bernama Jose (nama samaran),


Jose kuliah hanya sampai D3 karena harus mengalah pada adiknya Albert (juga nama samaran) yang berpenampilan lebih tampan, kulit putih, lebih tinggi dan gagah yang memberi peluang kuliah sampai S1. sedangkan jose hanya dikuliahkan sampai D3.


Walau bagaimanapun keadaan anak-anaknya, tidak seharusnya ibu Nancy bertindak tidak adil dalam bidang pendidikan, harta dan sikap. Hanya karena faktor fisik yang sudah ditaqdirkan Allah SWT. Padahal “Allah SWT tidak memandang rupamu (fisik) tetapi Taqwa”


Ada lagi ketidak adilan Di bidang harta, Ibu Nancy secara sembunyi sembunyi membelikan sepeda motor kepada Albert yang masih kuliah, malah dibantu biaya menikah, melangkahi abangnya Jose yang belum menikah,


Sebaliknya Ibu nancy menolak permintaan uang muka Sepeda Motor yang sangat dibutuhkankan Jose dalam pekerjaannya sebagai marketing, yang baru diterima bekerja tidak tetap. Untungnya Jose bersikap sabar menghadapi kenyataan memiliki ibu yang tidak adil dalam membagi harta dan kasih sayang. Walaupun Jose terlihat stress. Kerjaan Belum Tetap, tetapi melihat Adiknya belum kerja tetap juga dibantu dibelikan motor dan bahkan dibantu biaya menikah secara sembunyi-sembunyi dan tanpa izin.


Hal tersebut jelas, sebagai contoh orangtua yang tidak adil dan seenaknya saja menyakiti perasaan anak-anaknya sendiri dengan sikap & tindakan yang tidak adil.


Kisah ke-2: (Menghalangi Jodoh Salah Satu Anak)

Ada seorang anak laki-laki bernama Indro (nama samaran) yang ingin segera menikah karena menghindari zina dan dorongan seksual yang sangat tinggi akibat sudah ketemu jodoh/sdh ada pacar/calon istri. Masalahnya indro sangat minder bila mendekati lawan jenis, sehingga su;it mendapatkan Jodoh. Sampai akhirnya Allah SWT mempertemukan Indro dengan calon Istri yang cantik kulitnya putih, suaranya merdu, senyumnya manis, Cerdas, dan Soleha. Sayang seribu sayang Indro mendapat Masalah dari orang tuanya yang sangat dipatuhinya.


Orangtuanya seenaknya saja menghalangi pernikahan bukan karena alasan agama. Tetapi hanya karena alasan kebencian kepada calon besannya. Bukan karena si calon kurang soleha. Hanya faktor ketidaksukaan calon besan.


Kalau memang tidak setuju dan menghalangi pernikahan, seharusnya orang tua memberi jalan keluar yang bijaksana, dengan mencarikan solusi wanita pengganti yang mirip bahkan yang lebih baik kadar kesolehannya atau kecantikannya. Bukannya hanya sekedar memisahkan dan menghalangi pernikahan, tanpa memberikan sollusi atau jalan keluarnya,


Si anak didiamkan sendiri dengan masalah yang diluar pengalaman jangkauannya. Masih untung anaknya bisa bersabar, tidak sampai berzina. Kalau sampai berzina, orangtua semacam itu pastilah ikut terkena dosanya, karena menjadi penyebab perzinaan.


Kalau anak-anak menjadi stress, maka yang ikut menderita juga orang tua, sang anak tidak bisa konsentrasi bekerja, tidak ada ghirah, linglung berganti-ganti pekerjaan, Akibatnya rejeki anak dalam bentuk uang menjadi lebih sedikit dan kurang berkah.


Padahal banyak orang tua yang ingin anaknya memberi uang di hari tua dan juga ingin perhatian.


Bagaimana mungkin anak yang stress bisa menghasilkan uang lebih banyak untuk orang tuanya. Memperhatikan dirinya sendiri saja jadi berkurang, apalagi memperhatikan orangtuanya dalam masalah uang?


Maka dari itu agar kita bisa menjadi orang tua yang adil, kita harus terus belajar Islam lewat majlis taklim. Dan jangan lagi menggunakan ilmu dari tradisi dan adat lama, yang tidak sejalan dengan jalan Islam


3 Mengatasi Rasa Sedih Yang Berkepanjangan
Segala Kejadian yg terjadi di dunia ini sdh ditulis di lauhul mahfuz oleh Allah sebelum kita lahir. kisah sedih dan bahagia datang silih berganti.




kadang aku heran, kita bisa juga bahagia di saat sedih yang panjang ini hampir 10th berpisah dari org ku sayang, sdh 7 th ayahku sdh meninggal


kadang rasa seding itu datang kembali kadang muncul juga peristiwa yang bahagia

cara mengatasi sedih


1. Prasangka baik pada Allah SWT dengan Banyak Baca AlQuran dg Arti/Tafsirnya


bahwa apa yg terjadi sdh diprogram/ditulis Allah di Lauh mahfuz dan yang terbaik utk kita.


2. Jangan suka memendam masalah

Enggak ada orang yang enggak punya masalah dan enggak ada orang yang selalu bisa mengatasi masalahnya sendiri. Jadi, kalau kita punya masalah, lebih baik di-sharing kepada ortu, guru ngaji, atau orang yang kita percayai. (jangan yg "ember")


Karena, dengan begitu, siapa tahu kita bisa dapat bantuan solusi untuk memecahkan masalah. Kalaupun enggak, paling tidak dengan berbagi cerita, perasaan jadi lebih enteng dan pikiran tidak stres.


kadang ortu / guru ngaji bisa bercerita org yg lebih menderita di zaman anabi dan zaman skrg


sehingga kt jadi bisa mikirin ajalan keluar

3. Baca Buku Berjenis Pembangkit semangat


spt buku "LA TAHZAN " Dr Aidh AlQArni, atau buku2 sukses , bacalah secara teratur dan silih berganti sehingga hidup lebih bervariasi akibat timbul ide utk berolah raga, berbisnis, atau aktivitas positif lainnya penghilang sedih lainnya


tiada ada orang yang lebih baik dan lebih kuat menghadapi masalah kita selain diri kita sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar